Load SIMDes Ver 1.2

Berita

Sosialisasi Dan Bimtek Pengelolaan Website Desa (Portal WebDes)

PEMERINTAH desa (pemdes) di Kabupaten Pandeglang, Banten, didorong memanfaatkan teknologi informasi untuk menunjang proses penyelenggaraan pemerintahan desa atau e-Government, salah satunya melalui website desa.

Dengan adanya website desa diharapkan mampu menunjang pelayanan di desa, seperti aplikasi penyusunan e-Proposal, e-Siskamling, e-Perpustakaan, e-Commerce, agenda desa hingga publikasi kegiatan desa.

 

“Saat ini Teman Desa menggarap 127 desa di 12 kecamatan yang tersebar di Kabupaten Pandeglang. Kami mendampingi desa agar mampu mengelola website dan sistem informasi manajemen desa,” ungkap Salah Satu dari Teman Desa, Pipih Hariyadi, S.Kom (Staf Ahli Teman Desa) di sela-sela sosialisasi dan bimbingan teknis Pengelolaan Website Desa di Tanjunglesung Beach Hotel and Resort, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Senin (14/05/2018) siang.

Pria berjanggut tebal ini menjelaskan, kegiatan yang mengacu pada Surat Edaran Kemendesa dan PTT Nomor : 02.1/PMD.04.02/I/2018 tentang Percepatan Pelaksanaan Keterbukaan Informasi Pembangunan ini bertujuan untuk memfasilitasi desa dalam agar bisa menyampaikan keterbukaan informasi pembangunan desa.

Dalam acara yang diselenggarakan selama dua hari ini, pihaknya mengisi dengan empat materi. Keempat materi tersebut adalah, pengantar website desa, pengelolaan website desa, pelatihan jurnalistik, dan pelatihan internet marketing.

 

Pihaknya sengaja menghadirkan materi pelatihan jurnalistik karena admin desa kerap kebingungan untuk mengisi website desa, terutama soal pemberitaan desa.

Website itu kan tidak hanya satu arah, tapi dua arah. Karena ada partisipasi dari masyarakat, makanya kami menyiapkan beberapa aplikasi berbasis Android untuk memudahkan komunikasi pemerintah desa dengan masyarakatnya,” beber pria asli Banten ini.

Peserta bimtek, Jaenudin mengaku, acara ini sangat bermanfaat bagi desa-desa yang dalam penyelenggarannya harus transparan dan terbuka kepada publik.

Prades Mekarjayawangi, Kecamatan Menes ini berharap, dengan diadakan acara ini mudah-mudahan desa bisa memaparkan hasil kerja, program dan lainnya. Karena di era transparansi ini semua kegiatan pemerintah, termasuk desa harus dipublikasi.

“Acara ini bagus sangat meriah dan menambah kemampuan. Saya harap tidak hanya di sini tapi ada tindaklanjut dari acara ini. Jadi jangan sampai website ini dibuat, tapi kurang dimanfaatkan karena kendala SDM,” terang Jaenudin.

Senada disampaikan Prades Mekarjaya, Kecamatan Cikedal, Dede. Menurutnya, kegiatan tersebut sangat bagus untuk menambah pengetahuan para prades.

Mengenai pelatihan jurnalistik, kata dia, materi tersebut sangat membantu prades untuk menyusun sebuah berita yang baik.

“Alhamdulillah sosialisasi tadi sangat membantu bagi kami. Kami tahu bagaimana caranya meng-update kejadian di desa kami agar masyarakat bisa cepat merespon dan mengerti kinerja pemerintahan desa,” ujarnya.

Share:

Komentar :


Top